ETOLOGI PERILAKU HEWAN PDF

Pengertian Ethologi Ilmu perilaku hewan, ilmu perilaku satwa atau juga disebut etologi (dari bahasa Yunani)ἦθος, ethos, “karakter”; dan –λογία, -logia) adalah. 4 Konsep Penting Tingkah Laku Hewan Proses Fisiolog i Proses Sosial Proses Pembelajaran tingkah laku hewan Pendekatan etologi Membuat etogram. perilaku) -Perilaku mrp suatu adaptasi agar tetap bertahan hidup pd lingkungan tertentu -Ilmu yang mempelajari perilaku hewan = etologi. 1. bawaan (innate.

Author: Golabar Nerr
Country: Lesotho
Language: English (Spanish)
Genre: Medical
Published (Last): 27 August 2008
Pages: 21
PDF File Size: 14.73 Mb
ePub File Size: 8.50 Mb
ISBN: 177-1-58519-736-6
Downloads: 78205
Price: Free* [*Free Regsitration Required]
Uploader: Baramar

Vibrational communication in animals”. Dalam percobaan untuk menguji perilaku ini, Dr. Telah lama diketahui dalam penelitian perkembangan manusia sebagai wtologi komponen penting dari komunikasi, baru-baru ini mulai lebih banyak atensi pada kemampuan hewan untuk mengikuti tatapan dari hewan lain yang berinteraksi dengan mereka, baik itu anggota dari spesies mereka sendiri atau manusia.

Van der Klaauw di Kota Leiden, Belanda. Betina lebih menyukai ekor yang lebih terperinci, dan oleh karena itu si pejantan mampu kawin dengan sukses. Induk burung tidak perlu belajar memberikan makanan kepada anaknya yang beru menetas, ana bebek tidak perlu belajar berenang.

Hal ini mengarah pada realisasi bahwa komunikasi tidak selalu “jujur” tentu saja, ada beberapa contoh jelas yang mereka perilaki tidak selalu jujur, seperti pada mimikri. Paus memiliki paru-paru yang harus diisi dengan oksigen dari permukaan laut minimal setiap setangah jam sekali. Tipe dari komunikasi ini dikenal dengan mendengar interseptif, dengan si pemangsa menangkap pesan yang disampaikan sebagai sejenis.

Dalam mengamati perilaku, kita cenderung untuk menempatkan diri pada organisme yang kita amati, yakni dengan menganggap bahwa organisme tadi melihat dan merasakan seperti kita. Kualitas Kelekatan dan Kemampuan Berempati pada Anak. Remember me Forgot password? Fase keempat Teori etologi juga menggunakan istilah psychological bonding yaitu hubungan atau ikatan psikologis antara ibu dan anak, yang bertahan lama sepanjang rentang hidup dan berhubungan dengan kehidupan sosial Bowley dalam Hadiyanti, Kesimpulannya percobaan ini mendukung hipotesisnya, bahwa tawon menggunakan penanda visual untuk melacak s arangnya.

Kemampuan belajar yang dibangun sampai sistem saraf inilah yang memungkinkan organisme dapat belajar dari pengalamannya.

ETOLOGI MAKALAH – PDF Free Download

Dalam pandangannya, jika kelekatan ini positif dan aman, seseorang mempunyai dasar untuk berkembang menjadi individu yang kompeten yang memiliki hubungan sosial positif dan menjadi matang secara emosional. Beberapa memperhatikan RNA, beberapa memperhatikan protein, sebagai substansi yang menyandikan memori.

  DIMENSIONING AND TOLERANCING HANDBOOK DRAKE FILETYPE PDF

Perilaku agonistic adalah perilaku agresif yang pada dasarnya dilakukan untuk dapat lulus hidup. Komunikasi dapat terjadi melalui perantara senyawa kimia menggunakan Feromon, yaitu senyawa kimia yang disekresikan keluar tubuh organisme dan dapat dikenali melalui bau, dimakan, dan lain-lain oleh sesama spesies dan akan berguna untuk berbagai kehidupannya, misalnya untuk kawin, tempat berkumpul agregasimenemukan makanan, mengenali koloni, adanya bahaya, dan lain-lain.

Ternyata dalam hal ini burung memperoleh tingkah lakunya dari belajar.

Seekor hewan yang haus akan mencari air dan yang merasa lapar akan mencari makanan. Mereka mampu menggunakan komunikasi gerak isyarat manusia seperti menunjuk dan melihat untuk menemukan makanan tersembunyi dan mainan. Kemampuan ini terkait dengan 3. Walaupun tidak semua spesies hewan memilki teritori tertentu, dan tidak selalu seleksi alam dapat memberikan adanya daerah teritori yang tepat bagi suatu jenis hewan.

Mereka berdiskusi tentang hubungan antara respon penyesuaian tempat dengan mekanisme pelepasan yang dapat menjelaskan timbulnya tingkah laku berdasarkan insting.

Percobaan ini dilakukan dengan menggunakan sekelompok itik dengan anak-anaknya. Apakah perilaku ini diprogram kedalam anak angsa tersebut? Habitusi akan dihasilkan setelah organisme hewan belajar, sehingga akan kehilangan respons bila stimulus dilakukan berulang-ulang dan tidak membahayakan dirinya.

Penamaan imprinting dan periode penting critical period merupakan konsep kunci. Percobaan berikutnya adalah dengan menyususn posisi kerucut pinus menjadi segitiga sementara disampingnya di buat lingkaran lain dengan media batu kerikil Gambar C.

Contoh adalah peringatan pewarnaan: Paling tidak 11 hipotesis untuk stotting telah diajukan. Perilaku Sosial Sicial Behavior Secara umum didefinisikan bahwa perilaku sosial adalah segala macam dari interaksi diantara sesame spesies yang melibatkan antara dua atau lebih individu organisme umumnya hewan.

Yang mereka temukan adalah lima ekspresi wajah yang dapat dikenali; pengencangan orbital, mengembangnya hidung dan dagu, dan perubahan pada pembawaan telinga dan kumis. Bergantung kepada konteks, mereka mungkin dianggap sebagai komunikasi pemangsa ke mangsa, atau untuk merefleksikan bentuk commensalisme.

Perilaku agonistik ini pada umumnya perilalu ritual, memperlihatkan kekuatan, dan keindahan dapat berupa suara, tubuh dan lain-lain. Dan ia terlihat melakukan tariannya. Perilaku elaborasi tinggi telah berevolusi untuk komunikasi seperti tarian dari bangauperubahan pola pada guritadan pengumpulan dan penataan benda-benda pada Burung Bower.

  ARISTOTELE LA COSTITUZIONE DEGLI ATENIESI PDF

Ada dua teori dasar tentang memori. Diperoleh dari ” https: Untuk memperoleh makanannya, chameleon mengeluarkan lidahnya pedilaku kilat pada serangga yang jadi mangsanya. Ada juga perubahan perilaku yang berperan dengan cara yang sama untuk memperingatkan pewarnaan.

ETOLOGI MAKALAH

Sehingga dalam beberapa detik ikan akan mengumpul dan mengurangi gerakannya. Komunikasi vibrasi adalah modalitas sensor purba dan ia tersebar dalam kerajaan hewan dan ia telah berkembang beberapa kali secara independen.

Teori Perkembangan Etologi Teori Etologi dari perkembangan memandang bahwa perilaku sangat dipengaruhi oleh biologi dan evolusi Hinde,; Rosenzweig, Sinyal yang komplet mengikutkan fitur morfologikal khusus bagian tubuhtanda merah pada paruh, dan sebuah pergerakan khusus membuka ke arah dasar permukaan yang membuat tanda merah sangat terlihat oleh si anak. Semakin dekat individu mendapatkan respon dengan adanya stimulus positif, maka induvidu tersebut akan semakin mudah mengulang keberhasilan respon yang dilakukan.

Jika bunglon dekat dengan dedaunan hijau maka dia akan berubah warna kulit lerilaku hijau, jika dekat batang pohon warna coklat, dia juga ikut ganti warna menjadi coklat, dan lain sebagainya.

ETOLOGI – PDF Free Download

Sebagian besar kehidupan hewan sosial berkisar pada makan bersama. Oleh karena penelitian inilah ia merupakan salah satu tokoh pertama yang menerjemahkan arti tarian lebah. Bila bel berbunyi, anjing tersebut diberi makan, sebelum menyantap makanannya, anjing tersebut mengeluarkan saliva.

Setelah memonitor beberapa iindividu menggunakan radio transmitter, disimpulkan bahwa jaguar merupakan hewan soliter, dan hanya melakukan kontak dengan sesamanya hanya saat musim kawin.

Ada beberapa sistem pensinyalan yang tampak membutuhkan pemahaman yang lebih tinggi.

Dominasi (etologi)

Kerjasama Lorenz dan Tinbergen, mengemukakan bahwa etologi selalu memperhatikan empat jenis penjelasan setiap perilaku: Jadi secara etimologi, etologi berarti ilmu yang mempelajari tentang kebiasaan atau karakter. Ibu dan anak secara biologis dipersiapkan untuk saling merespon perilaku. Semut-semut menggunakan feromon untuk membuat bau jejak ke makanan sebagaimana halnya untuk peringatan, atraksi perkawinan dan untuk membedakan antar koloni.