LEUKEMIA LIMFOSITIK AKUT PDF

Acute lymphoblastic leukemia (ALL) is a malignant (clonal) disease of the bone marrow in which early lymphoid precursors proliferate and. menjadi: Leukemia limfositik kronik/LLK (mengenai orang berusia lebih leukemia limfositik akut/LLA (mengenai anak-anak, tetapi dapat juga. p>Cancer is not a contagious disease but can cause death, especially in children . Cancer that primarily affects children is leukemia with the.

Author: Brajinn Majar
Country: Togo
Language: English (Spanish)
Genre: Marketing
Published (Last): 19 November 2018
Pages: 42
PDF File Size: 8.91 Mb
ePub File Size: 8.61 Mb
ISBN: 568-4-73015-653-7
Downloads: 86553
Price: Free* [*Free Regsitration Required]
Uploader: Tekree

The progress of chemotherapy for acute lymphocytic leukemia has increased the survival rate for this cancer. Data lain menunjukkan bahwa pada angka insiden leukemia di Amerika sekitar 31,8 per 1. Akan tetapi, LLA merupakan salah satu kanker yang paling mungkin terobati dan kadar survival hidup penderitanya juga tinggi.

makalah leukemia limfositik akut (LLA)

Quantitative research with cross sectional approach was used to study 25 children who wererecruited using consecutive sampling. Sisanya kanker jenis lain seperti kanker kelenjar getah bening, kanker saraf, dan kanker ginjal. Angka ini terus meningkat lantaran kurangnya pemahaman orang tua mengenai leykemia kanker dan bahayanya. Penelitian mengenai gambaran epidemiologi leukemia anak belum merupakan prioritas para peneliti di Indonesia.

Nurses roles is a predictor factors for generic quality of life. Metode pengobatan yang tepat akan meningkatkan harapan pasien untuk sembuh.

Secara keseluruhan, leukemia dibagi menjadi: Leukemia paling sering terjadi pada anak dibandingkan dengan orang dewasa. Pada saat terjadinya penyakit apakah ada reaksi alergi dan riwayat penyakit lain yang pernah diderita sebelumnya. Dari penelitian yang dilakukan di RS Dr. Leukemia ini dimulai dari pembentukan awal limfosit di sumsum tulang.

Ada persamaan jelas antara leukemia dan penyakit neoplastik lain, limfositil proliferasi sel yang tidak terkendali, abnormalitas morfologi sel, dan infiltrasi organ. Infeksi sekunder dihindarkan bila mungkin penderita diisolasi dalam kamar steril. Jangan Terlalu Limdositik Seseorang dikatakan menderita kanker ketika sel-sel di dalam tubuh mulai tumbuh di luar kendali.

  EURO MNZKATALOG PDF

Selama pengobatan ini, obat obat rumat diteruskan. Imunoterapi limfositii cara pengobatan yang terbaru, setelah tercapai remisi dan jumlah sel leukemia cukup rendahimunoterapi mulai diberikan.

Basic Principles and Practice 3rd ed. Limpa seperti lidah menggantung ke bawah2. Riwayat pertumbuhan dan perkembangan-Status pertumbuhan limvositik dapat diambil zkut kurva berat badan terhadap umur dan panjang badan terhadap umur. Dengan antibodi monoklonal yang mengenali antigen permukaan sel yang terkait dengan galur sel dan antigen sitoplasma, maka imunotipe dapat ditentukan pada kebanyakan kasus.

Gambaran sitologik sel induk amat bervariasi, walaupun dalam satu cuplikan tunggal, sehingga tidak ada klasifikasi morfologik yang memuaskan. Anamnesis merupakan bagian terpenting untuk menentukan diagnosis dan pemeriksaan klinis.

Berikut ini penjelasan selengkapnya. Komplikasi dari leukemia dan terapinya dapat berupa sindrom tumor lisis hiperfosfatemia berat, hiperkalemia, hiperurikemia, dan hipokalsemia setelah kemoterapi intensifgagal ginjal, sepsis, pendarahan, thrombosis, tiflitis inflamasi di daerah sekumneuropati, ensefalopati, kejang, keganasan sekunder, pertumbuhan terbantut akibat radiasi kraniospinaldefisiensi hormon pertumbuhan, serta defek kognitif.

Gambaran sel sumsum tulang yang sangat kurangii.

Ini jenis-jenis leukemia yang mungkin menyerang anak

Oleh karena enzim ini tidak terdapat pada limfoid normal, maka hanya dapat berguna untuk mengidentifikasi sel leukemia pada situasi diagnostik yang sulit.

Zat khemoterapi merupakan penyebab yang ditetapkan mantap, khususnya obat yang mengalkilasi seperti khlorambusil, mustin dan melfalan, dan prokarbazin. Limpa, hati, kelenjar limfe biasanya juga terlibat. Sel-sel yang belum matang ini terus bereproduksi dengan kecepatan luar biasa, mendesak sel-sel sehat dan memunculkan sejumlah gejala.

MTX intratrakeal, dosis sama dengan profilaksis, diberikan 2 kali 5. Miley Cyrus wujudkan impian gadis penderita Leukemia. Pengobatan spesifik elukemia dengan penyuntikan sel leukemia yang telah diradiasi.

  ESTANFLACION DOMINGO CAVALLO PDF

Pada kasus ditemukan riwayat penyakit sebelumnya, yaitu panas disertai pilek dan diberikan penatalakasanaan amoxyllin. Demikian penjelasan mengenai tipe-tipe leukemia yang bisa menyerang anak-anak. Organisasi kesehatan dunia WHO memperkirakan bahwa di Indonesia tiap tahun ada seratus penderita kanker baru dari Dengan anamnesis ini didapatkan data subjektif, pihak pasien diberi kesempatan untuk mengingat kembali dan menceritakan secara rinci masalah kesehatan yang dihidapi anak termasuk keluhan utama, keluhan tambahan, tanda-tanda timbul, riwayat terjadinya keluhan dan tanda sampai anak dibawa berobat.

Komplikasi yang paling sering terjadi adalah kegagalan leukemia untuk memberi respon terhadap kemoterapi. Lebih dari itu, kelainan sumsum kronis lain dapat berubah bentuk akhirnya menjadi leukemia akut, misalnya polisitemia vera, mieosklerosis atau anemia aplastik.

Perkusi hepar, digunakan patokan 2 garis, yaitu: Bukti tidak langsung untuk etiologi virus beberapa leukemia lleukemia kambuhnya leukemia pada sel yang berasal donor pada kira-kira enam kasus setelah transplantasi sumsum tulang untuk leukemia akut.

Ini jenis-jenis leukemia yang mungkin menyerang anak |

Banyak jaringan penyokong, jaringan lemakiii. Tidak hanya angka morbiditas, angka mortalitas leukemia juga dilaporkan di Amerika. Leukemia nyata menunjukkan perluasan klonal yang timbul dengan mutasi somatik sumsum tunggal, sel limfoid tepi atau timus seperti dilihatkan dengan teknik kromosomal, isoenzim, imunologis, dan kultur in-vitro. Be Smart, Read More. Riwayat perjalanan penyakit harus diketahui dengan jelas.

Bila struktur antigen individu tidak sesuai dengan struktur antigen virus, maka virus tersebut akan ditolak seperti penolakan tubuh terhadap benda asing. Faktor eksogen dan endogeni.