FORMULASI SEDIAAN TRANSDERMAL PDF

Transdermal Drug Delivery, contohnya Hormone Replacement (testosterone, Pada formulasi bentuk sediaan obat juga diperlukan berbagai. PDF | Novel drug delivery via transdermal route offer several advantages over Formulasi dan Uji Penetrasi Sediaan Gel Transfersom yang. Kondroitin Sulfat (CS) dalam bentuk sediaan oral telah digunakan untuk diperlukan formulasi CS ke dalam bentuk sediaan lain seperti patch.

Author: Vonris Tagrel
Country: Panama
Language: English (Spanish)
Genre: Software
Published (Last): 1 July 2005
Pages: 449
PDF File Size: 10.90 Mb
ePub File Size: 1.22 Mb
ISBN: 865-4-23632-522-1
Downloads: 81841
Price: Free* [*Free Regsitration Required]
Uploader: Yozshurr

Transdermal Delivery Technology

Efek obat menurut dugaan pada manusia. Meski demikian, penetrasi melalui kulit yang rusak tidak dianjurkan karena absorbs obat menjadi sulit untuk diprediksi.

Fase III melibatkan kelompok besar pasien, di sini obat baru dibandingkan efek dan keamanannya terhadap obat pembanding yang sudah diketahui. Studi pada hewan percobaan 3. Sehingga membutuhkan dosis yang lebih rendah dibandingkan sediaan rute oral.

Hal ini karena pada dasarnya stratum corneum pada kulit merupakan barrier yang cukup efektif untuk13menghalangi molekul asing masuk ke tubuh sehingga hanya molekul molekul yang berukuran sangat kecil sajalah yang dapat menembusnya b.

Sebagai contoh cerivastatin suatu obat antihiperkolesterolemia yang dapat merusak ginjal, Entero-vioform kliokuinol suatu obat anti disentri amuba yang pada orang Jepang menyebabkan kelumpuhan pada otot mata SMON diseasefenil propanol amin yang sering terdapat pada obat flu harus diturunkan dosisnya dari 25 mg transdermql tidak lebih dari 15 mg karena dapat meningkatkan trsnsdermal darah dan kontraksi jantung yang membahayakan pada pasien yang sebelumnya sudah mengidap penyakit jantung atau tekanan darah tinggi, troglitazon suatu obat antidiabetes di Amerika Serikat ditarik karena merusak hati.

  MADCOW 5X5 PDF

Transdermal Delivery Technology

Kejadian cacat waktu lahir teratogenisitas. Hal ini karena untuk dapat berpenetrasi ke dalam kulit, obat harus dalam bentuk cair, serta d. Transdermal Drug Delivery Documents. Di antara faktor faktor yang mempengaruhi absorbs perkutan antara lain: Terkadang, ada pula lapisan tambahan yaitu rate-controlling membrane yang terbuat dari polypropylene berpori mikro dan yang berfungsi sebagai membrane pengatur jumlah dan kecepatan pelepasan obat dari sediaan menuju permukaan kulit.

seminar Tugas Akhir 1 by hani handayani on Prezi

Sediaan transdermal yang biasa dijumpai di pasaran saat ini adalah transdermal therapeutic system TTS yang biasa disebut sebagai plester. Bila suatu obat baru ditemukan, perusahaan farmasi mula-mula akan menanyakan apakah obat tersebut dapat efektif seperti yang diharapkan bila diberikan melalui mulut.

Impermeable backing atau lapisan penyangga, biasanya terbuat dari lapisan polyester, ethylene vinyl alcohol EVAatau lapisan polyurethane.

Hal ini karena kulit rusak telah kehilangan sebagian lapisan sediaam. Memiliki effective dose yang relatif rendah. Menunjukkan keunggulan pemberian glukosamin MediLynk secara transdermal dibandingkan pemberian secara oral pada tikus. Memliki bobot molekul relatif kecil kurang dari Da. Sebaliknya, pemberian secara topikal pada dosis yang sama menunjukkan tanda-tanda adanya glukosamin pada darah setelah 30 menit pemberian.

Published on Aug View Download 3. Dari uji ini diperoleh informasi tentang efficacy efek farmakologiprofil farmakokinetik dan toksisitas calon obat. Informasi tentang cara atau motode yang diusulkan dari pemberian obat, juga melihat kembali literatur tentang formulasi, bioavailabilitas, dan farmakokinetika dari obat-obat yang serupa, seringkali berguna bila menentukan bagaimana mengoptimumkan bioavailabilitas suatu kandidat obat baru.

  CAT TL1055 PDF

Namun demikian, salah satu tantangan terbesar para ahli dan peneliti bidang teknologi formulasi transermal obat, terutama untuk sediaan per-oral adalah upaya untuk meningkatkan ketersediaan hayati bioavailabilitasterutama untuk obat-obat yang memiliki kelarutan kecil atau bahkan sukar larut. Dosisnya harus kecil; 3. Inovasi penghantaran12obat ini memiliki keunggulan dibandingkan jalur panghantaran obat yang lain, di antaranya: Persyaratan ketat ini memerlukan penelitian farmakologi dan keamanan yang jauh lebih luas dan dengan sendirinya memerlukan biaya yang sangat tinggi.

Pada formulasi bentuk sediaan obat juga diperlukan berbagai macam bahan tambahan excipient. Terhindar dari degradasi oleh saluran gastro intestinal;Jika terjadi efek samping yang tidak diinginkan missal reaksi alergi, dll pemakaian dapat dengan mudah dihentikan d. Idealnya, obat obat yang akan diberikan secara transdermal memiliki sifat sifat: Jangka penemuan obat baru sejak awal ditemukan suatu bahan kimia baru sampai menjadi obat baru yang diijinkan beredar memerlukan waktu 10 12 tahun dan biaya penelitian tidak kurang sediaaan USD juta untuk tiap NCE.

Contoh bentuk sediaan khusus ini antara lain: Bahkan penetrasinya lebih banyak dari pada kulit normal. Absorbsi transdermal terjadi melalui proses difusi yang lambat yang14ditentukan oleh gradient konsentrasi obat dari konsentrasi tinggi pada sediaan yang diaplikasikan menuju konsntrasi rendah di kulit.

Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa pemberian glukosamin secara oral pada tikus sebanyak 0.